0
Dikirim pada 20 Oktober 2016 di Sepatu Branded

Sepatu bermek/branded seperti adidas, nike , dan brand lainnya aslinya sangat mahal. Jika beli yang palsu alias kw replika harganya paling murah. Pasar Taman Puring terletak di antara Jalan Gandaria 1, Jalan Gandaria 3, dan Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Letaknya tepat di sebelah Taman Puring yang sejuk dengan pohon-pohon rimbun.

 

Sepatu KW Adidas Murah

Sejak tahun 1970-an, Pasar Taman Puring terkenal sebagai pusat sepatu dan sandal murah. Di pasar ini, pedagang juga menjual komoditas pakaian, tas, jam tangan, dan aneka aksesori lain.

Enzen, Pengelola Pasar Taman Puring, menjelaskan, pedagang di sana awalnya adalah PKL. Mereka berjualan di taman seluas 5.400 meter persegi. Pada tahun 1983, berdasarkan kebijakan Gubernur DKI Jakarta, sekitar 2.000 meter persegi lokasi Taman Puring dipakai untuk menampung pedagang barang bekas.

Sepatu Nike Murah

Pada 2002, kobaran api menghancurkan bangunan Pasar Taman Puring. Kebakaran memaksa Pemprov DKI Jakarta membangun kembali pasar dengan konsep yang lebih modern. "Kalau dulu kumuh dan kotor, sekarang pedagang bisa berjualan di tempat yang nyaman," kata Enzen, Selasa (14/7).

Saat menyusuri lorong-lorong sempit di pasar, pengunjung dimanjakan beragam pilihan warna, model, dan merek sepatu dan sandal. Kebanyakan adalah sepatu olahraga atau sepatu bola murah dengan warna-warna terang benderang. Merek sepatu olahraga terkenal pun tertera jelas di setiap pasang sepatu di kios-kios berukuran 1 x 1,5 meter.

Sepatu Bola Nike Kw Super Murah

Warna sepatu yang ngejreng menghapus kesan suram suasana pasar. Selain sepatu olahraga, ada pula sepatu untuk kegiatan luar ruang (outdoor) dan sepatu bot berbahan kulit.

Soal mutu, kalau kata anak muda zaman sekarang, sebelas-dua belas dengan sepatu dan sandal yang dijual di pusat perbelanjaan modern. Bedanya, kalau berbelanja di mal harga sepatu yang selangit itu tak bisa ditawar. Sementara kalau berbelanja di Pasar Tampur alias Pasar Taman Puring, ada proses tawar-menawar sehingga rupiah yang dikeluarkan bisa sesuai isi kantong pembeli. Tak perlu segan bertanya, pedagang akan menjelaskan kondisi dan kualitas sepatu.

Sepatu Bola Adidas Murah dan Kuat

Mengapa harga sepatu dan sandal di Pasar Taman Puring bisa murmer alias murah meriah?

Enzen menjelaskan, sebagian sepatu dan sandal yang dijual di Pasar Taman Puring adalah barang reject. Sepatu dan sandal reject termasuk barang ori (original/asli) yang dibuat produsen sepatu resmi. Namun, karena produksinya kurang sempurna, sepatu dan sandal itu tidak lulus quality control (pengecekan kualitas).

Oleh pedagang, barang reject dibawa ke tukang permak untuk diperbaiki. Sepatu dan sandal itu lalu dijual murah. Beda harga sepatu ori di mal dan di pasar Rp 300.000-Rp 500.000 per pasang. Meski murah, sepatu yang dijual bukanlah sepatu murahan.

Sepatu Adidas Paling Murah

Selain barang reject, ada juga barang yang diakui palsu tetapi tetap berkualitas, yang biasa disebut KW. Ada kategorisasi barang KW, makin menyerupai aslinya, harga makin mahal.

Tingkat kemiripan sepatu KW Super bisa mencapai 90-95 persen. Barang KW Super dibuat dengan kualitas bahan, pewarna, jahitan, dan detail rancangan yang tergolong bagus. Karena nyaris sama dengan sepatu asli, harganya lebih mahal dibandingkan barang KW 1 dan KW 2 jika langsung dari agen bola terpercaya harga sepatu bola atau sepatu olahraga tentu akan jauh lebih murah harganya.

Barang-barang KW Super biasanya buatan Tiongkok. Bentuknya sulit dibedakan karena nyaris sama dengan sepatu dan sandal ori. Setelah dipakai, baru ketahuan barang itu aspal.  barang asli bisa tahan dipakai bertahun-tahun, sedangkan barang asli tapi palsu (aspal) mudah rusak.

Barang ori dibuat menggunakan mesin sehingga ukurannya sempurna. Alur jahitan dibuat sangat teliti. Kalau barang KW dibuat manual, jadi peluang kesalahannya besar.

Sepatu Nike untuk Wanita

Fay menunjukkan sepasang sepatu lari mirip Air Force 1 Nike. Warna sepatunya perpaduan biru muda dan abu-abu dengan logo Nike berwarna putih. Sekilas, sepatu itu kelihatan seperti asli. Tetapi, bila diperhatikan, permukaan telapak sepatu itu kasar dan keras. Padahal, permukaan telapak Air Force 1 Nike asli empuk dan nyaman.

Bahan sepatunya pun berbeda. Sepatu ori terbuat kulit asli yang lembut. Kalau sepatu aspal, bahannya bukan kulit asli.

Jika sepatu asli di mal seharga Rp 500.000 atau lebih per pasang, versi KW di Tampur Rp 150.000 per pasang. Dalam sehari, Fay dan adiknya, Airil (20), menjual 200 pasang sepatu olahraga KW itu.

Meski kebanyakan sepatu yang dijual di kiosnya adalah barang KW, Fay juga menjual sepatu ori. Harganya Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta per pasang. Sepatu ori buatan Vietnam tidak dipajang di kios, melainkan disimpan di tempat khusus. "Hanya kalangan tertentu saja yang mau membeli sepatu ori. Masyarakat biasa cukup puas beli barang KW karena harganya terjangkau," kata pria yang meneruskan usaha dagang orangtuanya itu.

Memang sudah jadi pengetahuan umum bahwa sepatu dan sandal yang dijual di Taman Puring kebanyakan adalah barang reject dan barang aspal. Ada juga barang second hand atau bekas pakai. Ini tidak hanya berlaku untuk produk alas kaki, tetapi juga untuk pakaian, khususnya kaus jersey atau kostum grup sepak bola, kacamata, jaket, dan tas. Diperlukan ketelitian tingkat tinggi untuk membedakan barang yang dibeli asli atau aspal.

"Beli sepatu dan pakaian di sini memang tak bisa buru-buru. Harus teliti mengamati. Kalau dapat yang pas, rasanya puas," kata Alihamda (17), pelajar SMA. Bersama teman-teman sekolahnya, Alihamda kerap menghabiskan akhir pekan untuk berburu barang-barang kesukaan mereka.

Enzen menuturkan, ada kesepakatan tak tertulis di antara pedagang Pasar Taman Puring untuk menyampaikan kualitas sepatu yang mereka jual secara jujur kepada pembeli. "Kalau barang aspal ya harus disampaikan aspal. Kami tidak mau pembeli protes di kemudian hari,



Dikirim pada 20 Oktober 2016 di Sepatu Branded
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Sepatu Sport ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Archive
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 1.062 kali


connect with ABATASA